Minggu, 22 Mei 2011

Olah Vokal



Saat ini, banyak sekali artis dadakan yang ^ujug-ujug^ (tiba-tiba) muncul dan menghiasi layar tV anda. Tapi tentu saja mereka juga memiliki skill atau kemampuan yang jarang dimiliki orang lain pada umumnya atau bahkan banyak dimiliki, tapi banyak diantaranya masih belum bisa memanfaatkannya hingga menjadi orang yang WAAHHH (artis gitu deh...)

Nah,, yang paling sering nih... biasanye dalam dunia tarik suara. iyA apa Iya..???
sebenarnya untuk urusan suara, setiap manusia mempunyai karakter suara yang berbeda-beda. dan itulah yang disebut karunia tuhan. kita bisa saja lebih trekenal dari artis2 yang sekedar numpang tenar di kotak 14" ntuh... benerr kan..???

Tapi..??
api apa Gan..?? Asal kita tau karakter vokal dan juga cara ngerawatnya...
sebenernys cukup mudah kok buat jaga ato ngerawat suara kita biar tetep kejaga ato malah semakin meningkat kualitasnya.
nah,, disini bakalan W bagi dah tips2 ngejaga suara biar tetep nge'Jreng kayak penyanyi terpopuler yg sekarang lagi tenar2nya... 

Berikut tps-tipsnya :


1. Jangan memaksakan diri menyanyikan nada tinggi-nada tinggi yang belum dikuasai. Pita suara bisa aus(jangan keburu nurutin Idola dulu dah...).


2. Jangan minum es sebelum dan sesudah latihan atau hari yang sangat panas. Minuman yang terlalu panas pun tidak dianjurkan. Nortier Simanungkalit, bapak paduan suara, juga melarang penyanyi seriosa dan paduan suara menghindari wedang jahe.

3. Jangan memaksakan diri menyanyi ketika sedang sakit, batuk, pilek.

4. Hindari makanan berminyak, pedas, 3-4 jam sebelum menyanyi. Akan lebih afdal jika penyanyi profesional tidak minum kopi, alkohol, dan merokok. Sebab, hal ini sangat mempengaruhi pernapasan.

5. Biasakan minum segelas air putih ketika bangun tidur dan senam pagi sambil menghirup udara bersih sebanyak-banyaknya.

6. Istirahat cukup. Tidak dianjurkan bergadang.

7. Jangan menyanyi dalam keadaan perut kosong atau terlalu kenyang. Ini mempengaruhi rongga perut, diafragma, dan kualitas pernapasan.

8. Menyanyi dengan gembira, tidak tegang. Jangan bernyanyi hanya dengan suara, tapi juga wajah Anda. Ekspresi atau penghayatan lagu mutlak perlu.

MENGGUNAKAN MIKROFON (MIKE)

1. Jaga jarak dengan mulut. Sekitar 20 cm dengan sudut 45 derajat. Jarak usahakan selalu sama. Ketika nada tinggi, jauhkan mikrofon agar volume suara yang terdengar tidak terlalu keras.

2. Benyanyi dengan suara sedang. Fungsi mikrofon untuk mengeraskan suara. Maka, Anda tidak perlu habis-habisan mengeluarkan suara. Suara terlalu keras akan berubah menjadi pecah dan tajam.

3. Jangan mengambil napas yang dalam ke arah mikrofon. Sebab, suara napas Anda akan terekam mikrofon yang sangat peka.

4. Rekam dan dengarkan suara Anda sendiri sebagai bahan evaluasi.

Nah,, silahkan dicoba dah... n' semoga jangan putus asa meskipun ortu, tetangga, sodara sekalipun bilang "Ampunnnn.... suaramu bikin telingaku peccah..."
tetep yakin aja ama kemamuan lo.. W yakin tidak ada kesungguhan yang tidak membuahkan hasil.

Oke...?? Dagggh...

Tidak ada komentar: