Minggu, 29 Mei 2011

MUSIK dan ALIRAN - ALIRANnya

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang musik, tentunya kita harus tahu dulu nih apa pengertian musik...??? Aliran apa aja yang ada dalam musik..?? dan apa sih itu semua..??

Oke, kita akan ulas satu persatu . . .

PENGERTIAN MUSIK

Pengertian musik ada beberapa Versi

  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar <versi wikipedia>
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya <versi wikipedia>
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik<versi wikipedia>
  • Segala bunyi yang terdengar oleh indra pendengaran baik itu dihasilkan dari orang atau benda sehingga bisa berpengaruh pada emosional jiwa (suka, sedih, benci atau bahkan tidak berasa sama sekali). dan itu merupakan apresiasi jiwa kita terhadap musik
  • Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
  • Bahkan Aristoteles menyimpulkan : musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

ALIRAN-ALIRAN MUSIK

Dewasa ini, musik mengalami perkembangan yang luar biasa sehingga menciptakan beberapa aliran yang mendunia sehingga menambah warna baru dalam dunia musik. Pada era 80, 90 -an telinga ita sudah akrab dengan aliran <genre> musik seperti ; Pop, Rock, Jazz, Blues, Reggae, Metal, Underground, Country bahkan.
NAmun seiring berjalannya waktu dan semakin banyak teknologi yang mendukung terciptanya suatu hal yang baru. hal ini juga berpengaruh pada genre musik yang ada di jagad ini. selain aliran musik yang tertera di atas tadi, masih banyak sekali genre musik yang lebih mengarah kepada modernisasi. Diantaranya :R n' B, Hip Rock, Hip Hop, Punk, Heavy Metal, Black Shympony dsb.... Bahkan banyak diantaranya yang menggabung-gabungkan aliran yang sudah ada sehingga terbentuk pula aliran yang menurut mereka adalah baru. ex : Pop Rock, Metal Screamo, Pop country dsb . . .

Cara yang paling efektif untuk memahami  aliran -aliran musik yang ada, bukanlah dengan membaca pengertian-pengertiannya atau bahkan membaca modul tentang musik2 tsb. Cara yang paling ampuh adalah mendengar, menikmati dan menjiwai permainan musik yang disajikan. karena pada dasarnya, meskipun lagu yang dibawakan adalah sama, tetapi karena diolah dan disajikan dengan "komposisi musik" yang berbeda maka akhirnya aliran <genre>nya juga akan berbeda. Sedangkan untuk penampilan, menurut saya itu hanyalah sebuah identitas dari musik itu sendiri yang mungkin kini sudah disalah artikan bahwasanya itu menjadi suatu keharusan jika sudah berada dalam genre musik tertentu. ex : Musik Underground <Blak Metal> harus menggunakan warna dominan hitam, rambut gondrgong, memakai kalung atau bahkan ber-penamilan menyeramkan.

Nah, jika sudah . . . sekarang apa band favoritmu..??
Lalu, cermatilah aliran musik mereka. mungkin, ini akan menjadi awal dimana anda akan terjun dalam dunia musik yang sebenarnya. karna sekali lagi, MUSIK itu LUAS 

Tidak ada komentar: